Mengenal Lebih Dalam Pengertian, Sistematika, dan Jenis-Jenis Email Marketing

Dewasa ini, perkembangan transaksi digital semakin berkembang. Perkembangan teknologi membuat hal-hal yang berkaitan dengan digital menjadi semakin mudah. Salah satu yang terkena dampaknya adalah pebisnis/pedagang yang memanfaatkan media untuk mempromosikan atau melakukan transaksi jualannya.

Ada banyak metode dalam melakukan transaksi jual beli untuk menawarkan produk atau jasa yang dimiliki oleh seorang pedagang. Salah satu yang dapat digunakan adalah dengan Email marketing. Mungkin untuk sebagian orang, Email Marketing adalah sesuatu hal yang cukup baru. Namun, ada juga pihak-pihak yang sudah mendapatkan keuntungan berlipat dari Email Marketing ini. Mari coba kita mengulas terkait dengan pengertian, sistematika, serta jenis-jenis Email Marketing.

Pengertian dan Sistematika Email Marketing

Jika dituliskan secara definisi sederhana menurut Wikipedia, Email Marketing adalah sebuah tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan yang berupa komersil (promo, penawaran produk, diskon, atau hal-hal yang berkaitan dengan suatu produk) kepada satu atau sekelompok orang dengan bantuan media Email. Jika disederhanakan, Email Marketing  merupakan proses menarik pelanggan dan menawarkan barang menggunakan media Email.

Dari pengertian tersebut, satu hal yang pasti dari Email Marketing ini yaitu penggunaan Email sebagai sarana utamanya. Untuk menjalankannya, ada dua skema atau sistematika yang dapat digunakan oleh pebisnis/pedagang yang menawarkan produknya yaitu dengan cara manual atau dengan cara menggunakan tools automasi.

Skema menggunakan cara manual dilakukan dengan mengirimkan pesan satu persatu dari list email yang dimiliki sang pengusaha. Cara ini akan cukup efektif jika jumlah penerimanya tidak banyak. Akan tetapi, jika skala penerimanya sangat banyak cara ini juga membutuhkan waktu yang sangat lama dan membuatnya menjadi kurang efektif.

Kelemahan dari skema manual tersebut dapat ditutupi oleh skema dengan menggunakan tools karena akan dapat membantu mengirimkan Email Marketing dengan mudah dan cepat serta tidak memerlukan waktu yang lama. Sayangnya, metode atau skema ini memiliki kelemahan karena harus membayar tools sehingga harus memerlukan biaya lebih.

Jenis-Jenis Email Marketing

Jika telah mengetahui pengertian dan sistematika terkait dengan Email Marketing, hal lain yang perlu diketahui adalah jenis-jenis Email Marketing. Hal ini menjadi penting agar Anda sebagai pengirim Email dapat dengan bijak mengkategorikan Email  Anda. Secara garis besar, terdapat 5 jenis Email Marketing. Berikut ini penjelasan tentang jenis-jenis Email Marketing.

1. Newsteller

Newsteller merupakan bentuk Email Marketing yang memberikan informasi kepada pelanggan Anda terkait dengan apa yang Anda tawarkan. Jenis ini memiliki beberapa kelebihan. Beberpa diantaranya adalah memberikan pesan informatif kepada pelanggan atau calon pelanggan, membuat orang yang menerima Email Marketing Anda dengan jenis ini akan membuka toko online atau link yang Anda sematkan pada Email, serta memberikan notifikasi berupa informasi terkait dengan promo, diskon, atau hal-hal baru yang Anda tawarkan.  Meski begitu, jenis ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup rumit untuk mendesainnya. Akan tetapi jangan khawatir karena sudah banyak template yang tersedia di internet.

2. Email Khusus

Email khusus yang dimaksud adalah Email yang dibuat oleh Anda secara terpisah (bisa menggunakan Email pribadi) yang biasanya bertujuan untuk memberikan informasi khusus atau bahkan dapat menjadi sebuah ajakan. Jenis ini biasanya digunakan untuk secara terpisah mengirimkan Email kepada pelanggan untuk bergabung ke dalam suatu komunitas sehingga dapat menjaga relasi dengan pelanggan-pelanggan sebelumnya. Kelemahan jenis ini adalah Anda tidak dapat membuat jadwal untuk mengirimkannya sehingga memerlukan waktu dalam membuat dan mengirimkannya. Kelemahan lainnya adalah Email Anda berpotensi untuk tidak dibuka.

3. Email Follow Up

Email Follow Up merupakan jenis Email yang digunakan untuk melakukan follow up kepada pelanggan terkait dengan informasi-informasi yang telah diberikan sebelumnya. Biasanya jenis Email ini digunakan setelah ada sebuah tawaran diawal sehingga perlu melakukan tindak lanjut setelahnya. Email follow up ini juga sering dinantikan oleh para pelanggan karena ada banyak informasi yang ditunggu atau berkaitan dengan transaksi. Kelemahannya jika tidak dapat dijaga keberlanjutannya, pelanggan Anda bisa berpaling dan meninggalkan Anda.

4. Email Sponsorship

Email Sponsorship biasanya digunakan ketika Anda ingin menjangkau lahan yang lebih luas dimana isi dari Email ini menawarkan bentuk kerjasama baik kepada masyarakat maupun ke sektor lain seperti mahasiswa. Tujuannya jelas adalah untuk mempromosikan produk yang Anda miliki di kalangan masyarakat atau kalangan yang Anda tawarkan sponsorship tersebut.

5. Email Transaksional

Jika dilihat dari namanya saja, jenis ini merupakan sebuah Email yang ditujukan untuk melakukan sebuah bentuk kesepakatan atau dalam bentuk transaksi antar beberapa pihak. Isi dari Email ini biasanya adalah penjabaran tentang produk yang Anda tawarkan mulai dari penjelasan, daftar harga hingga hal-hal detail yang lain yang dapat menjadi media Anda dalam melakukan transaksi.

Itulah tadi beberapa penjelasan singkat mengenai pengertian, sistematika, dan jenis-jenis Email Marketing. Sekarang saatnya untuk Anda sebagai pelaku bisnis/usaha untuk dapat memanfaatkan teknologi ini agar menjadikan usaha yang Anda bangun dapat berkembang dan mencakup segmentasi yang luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *