List Building Whatsapp Untuk Bisnis Online

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi Whatsapp ? tentu semua tahu dan pernah atau sedang menggunakannya. Lalu apa yang dimaksud dengan list building whatsapp? Untuk lebih jelasnya, simak pemaparannya dalam artikel ini.

List building terdiri dari dua suku kata, dimana list artinya daftar dan building artinya membangun berarti list building adalah membangun daftar. Dalam konteks bisnis online, istilah tersebut merupakan arti dari membangun daftar (database) calon customer atau pelanggan dengan menggunakan aplikasi whatsapp.

Whatsapp saat ini merupakan aplikasi pesan singkat yang sangat populer. Whatsapp ada sejak tahun 2009. Pengoperasian yang sederhana membuat whatsapp banyak diminati untuk media berkomunikasi. Tetapi, meskipun sederhana, Whatsapp juga memiliki banyak fitur canggih yang memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi.

Selain melalui teks, Anda bisa menggunakan fitur mengirim foto/gambar, video, dokumen dan bahkan bisa digunakan untuk teleconference. Dengan banyak kemudahan ini, maka basis pengguna aplikasi Whatsapp juga semakin banyak. Sehingga Whatsapp bisa Anda gunakan untuk pemasaran bisnis online Anda.

Menggunakan Whatsapp untuk berjualan atau bisnis online itu tidak boleh asal-asalan. Sebab, hal tersebut bisa membuat orang tidak nyaman dengan kita. Ada tekniknya untuk berbisnis online dengan menggunakan whatsapp.

Anda perlu menerapkan pola berjualan dan mempersiapkannya dengan matang. Adanya fitur whatsapp untuk simpan nomor kontak inilah yang nantinya menjadi dasar list building untuk kelancaran bisnis online.

Prinsip Bisnis Online dengan Menggunakan  List Building Whatsapp

1. Tidak boleh asal promo

Promosi penjualan atau bisnis online itu sah-sah saja. Tetapi, bila asal-asalan malah akan mengganggu orang lain. Anda harus melakukan bisnis dengan serius, agar keuntungan yang didapat bisa berjalan lancar, dan membuat banyak orang menjadi pelanggan setia Anda.

2. Jangan asal mengirim spam iklan

Anda jangan sembarangan dalam menebar spam iklan dalam sebuah grup Whatsapp. Hal tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri karena membuat orang lain tidak nyaman dan dirasa mengganggu. Bahkan, bisa saja Anda akan dikeluarkan dari grup Whatsapp itu sendiri.

3. Menggabungkan kelebihan Whatsapp dan Facebook

Jangan hanya menggunakan Whatsapp semata, Anda bisa menggunakan facebook untuk bisa menjangkau banyak konsumen. Sehingga, Whatsapp disini berperan sebagai pengumpul nomor kontaknya yang nantinya bisa Anda gunakan untuk database list building bisnis online Anda.

4. Bangun kepercayaan

Memiliki kepercayaan adalah suatu kekuatan untuk membangun sebuah bisnis. Oleh sebab itu, bila ingin sukses berjualan dengan menggunakan Whatsapp, maka Anda harus bisa membangun kepercayaan itu dari calon customer Anda.

5. Jangan pelit

Menjadi penjual dalam bisnis online jangan terlalu pelit dan perhitungan. Ingat prinsip “giving more selling more” untuk memberikan bonus pada customer Anda. Selain itu, dengan prinsip ini Anda juga sudah dapat meraih kepercayaan dari pelanggan. Sehingga, penjualan Anda bisa meningkat dengan promosi dari pelanggan tersebut, karena dia merasa puas berbelanja pada toko online Anda.

6. Konsisten

Dari semua prinsip dan teknik di atas, kunci keberhasilan ada pada poin ini, yaitu konsistensi. Semua usaha tidak ada yang dapat berjalan baik dan sukses, apabila Anda tidak melakukannya dengan konsisten. Terapkan semua prinsip dan teknik di atas dengan konsisten, maka bisnis Anda akan membuahkan hasil.

Jadi, membangun sebuah bisnis online itu tidak asal promosi atau asal saja menggunakan aplikasi. Tetapi, semua ada prinsip pemasaran dan teknik yang jelas agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar. Menggunakan list building whatsapp untuk bisnis online itu sah-sah saja, asalkan Anda memiliki komitmen dalam menjalankan bisnis tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *