Ketahui Fungsi Email Marketing dalam Dunia Bisnis Berikut

Dalam dunia bisnis, pemasaran menjadi kunci penting untuk meningkatkan trafik penjualan. Fungsi email marketing sering dipilih karena menjadi strategi yang cukup efektif bagi para pebisnis. Penggunaannya mampu membuat usaha lebih berkembang dan meningkatkan keuntungan.

Bahkan tak jarang, penggunaan email marketing ditujukan supaya pebisnis selalu terhubung dengan calon pelanggannya. Kondisi ini akan mendekatkan hubungan kedua belah pihak, sehingga memudahkan berkirim dan menerima informasi konten produk.

Meski memiliki banyak manfaat bagi bisnis, kenyataannya masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Begitu pula dengan fungsi dari email marketing. Supaya lebih paham dalam menggunakannya, sebaiknya perhatikan penjelasan berikut.

Fungsi Email Marketing Dalam Dunia Bisnis

1. Content and Offer

Fungsi email marketing yang pertama adalah sebagai media untuk penyajian konten sebuah bisnis atau produk. Melalui strategi ini Anda dapat melakukan penawaran produk melalui link yang tersedia di dalam pesan.

Sementara informasi yang disajikan bisa tertera langsung di dalam pesan ataupun mengalihkannya ke link platform lain. Misalnya seperti halaman di platform Intagram, Youtube, Linkedln, maupun halaman di platform lain.

Konten yang disajikan bisa tersedia dalam beragam bentuk sesuai kebutuhan dan minat. Beberapa di antaranya seperti tips, testimoni klien, ceklis atau handout, tool kit, infographic, dan juga berbentuk studi kasus.

2. Blog Article Link

Email marketing biasanya digunakan sebagai media untuk menampilkan artikel atau tulisan mengenai permasalahan yang saat ini tengah terjadi. Selain itu, ditampilkan pula mengenai kenaikan trafik penjualan atas suatu produk.

Fungsi email marketing di sini adalah sebagai solusi dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi. Penawaran dilakukan melalui produk ataupun jasa yang ditampilkan di dalam artikel dan Anda berikan pada calon pelanggan.

Solusi konten blog artikel sekarang ini sudah banyak digunakan secara meluas oleh para pebisnis. Maka dari itu, konten dalam blog artikel bisa Anda hubungkan ke dalam informasi pesan email marketing.

3. Direct Offer

Email marketing juga berfungsi dalam menampilkan informasi produk atau jasa yang ditawarkan secara langsung. Pebisnis bisa menyuguhkan informasi produk, diskon, promo, ataupun info lain yang bisa langsung diakses oleh calon pelanggan.

4. Database Pelanggan

Email marketing bisa digunakan sebagai media bisnis yang efektif dalam mengumpulkan database calon pelanggan. Sehingga Anda bisa dengan mudah memilih target yang akan dikirimkan pesan dan mendapatkan produk penawaran.

5. Follow Up

Penggunaan email marketing memungkinkan pebisnis memiliki banyak daftar calon pelanggan di dalamnya. Namun terkadang, beberapa di antaranya hanya masuk dalam list tapi tidak berpotensi menaikkan trafik penjualan. Maka dari itu, media pemasaran ini bisa digunakan untuk follow up klien.

Ketahuilah bahwa terkadang klien mengikuti form daftar karena berminat dengan tawaran produk atau jasa tersebut. Hanya saja pelanggan tidak membutuhkannya saat itu, sehingga tidak meresponnya. Itulah sebabnya Anda harus menggunakan email marketing untuk melakukan follow up secara rutin.

6. Segmented

Menargetkan calon pembeli menjadi kunci penting bagi pebisnis demi mengoptimalkan pemasaran. Anda bisa menargetkan segmentasi pelanggan dalam beberapa kategori seperti lokasi, produk, event, layanan, dan sebagainya.

Cara ini pastinya akan meningkatkan pengunjung dan trafik penjualan karena langsung tertuju pada pasar. Anda tidak perlu lagi mengkategorikan secara manual karena sistem email marketing bisa bekerja secara otomatis.

Mengetahui fungsi email marketing sangatlah penting demi pengembangan bisnis. Ditambah lagi adanya sistem otomatis yang akan memudahkan pebisnis. Itulah alasannya penggunaan strategi ini semakin meningkat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *