Jarang Diketahui, Begini Fungsi File Database Whatsapp

Whatsapp adalah aplikasi messanger yang saat ini sedang naik daun. Banyak fitur yang disediakan oleh Whatsapp. Whatsapp juga memiliki sistem database yang baik yang terkoneksi dengan google karena hal tersebut, fungsi file database Whatsapp sangat membantu bagi penggunanya.

Fitur Whatsapp Secara Umum

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Whatsapp sendiri memiliki banyak kelebihan fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi messanger lain. Whatsapp merupakan messanger yang memiliki ukuran yang cukup ringan. Namun terintegrasi ke media sosial lain. Beriku ini fitur Whatsapp secara umum yang dapat dimanfaatkan bagi penggunanya.

1. Berbagi Lokasi Terkini

Fitur yang tidak ditemukan di aplikasi berbasis pesan lainnya mungkin adalah fitur berbagi lokasi terkeni. Whatsapp menyediakan fitur ini untuk mengetahui tracking perjalanan seseorang secara live sehingga Anda dapat melihat saat ini seseorang sudah berada dimana.

Dengan fitur ini, Anda dapat melihat apakah seseorang sudah benar jalan atau masih stay ditempat. Sehingga, fitur ini dapat memudahkan Anda maupun orang yang menerima lokasi terkini Anda.

2. Penelusuran IP Address

Penelusuran IP Address yang dimaksud adalah dengan mengirim sebuah pesan, IP seseorang akan bisa diketahui. IP yang diketahui dari pesannya tersebut kemudian dapat dilacak sehingga Anda dapat mengetahui lokasi seseorang bahkan, jika dia tidak mengirimkan lokasi terkini.

3. Menghapus Pesan

Menghapus pesan yang dimaksud adalah bukan menghapus secara keseluruhan. Namun,  mengurungkan pesan yang hendak dikirim, sehingga tidak dapat dilihat oleh orang yang sedang dalam satu room chat dengan Anda.

Fitur ini memiliki kekurangan karena hanya dapat dilakukan dalam selang waktu tertentu. Jika melebihi batas waktu, maka fitur ini tidak dapat digunakan. Alangkah baiknya, Anda membaca kembali pesan yang Anda kirim, untuk memastikan bahwa pesan yang Anda kirim benar.

4. Memiliki Koneksi Ke Media Sosial Lain

Koneksi yang dimaksud adalah Anda dapat membagikan WA story ke media soisal Facebook Anda. Integrasi ini dapat dilakukan semenjak Whatsapp sudah satu naungan dengan Facebook dan Instagram dimana Facebook adalah induknya.

5. Dapat Mengembalikan Chat Yang Telah Terhapus

Chat yang telah terhapus sebelumnya dapat dikembalikan dengan syarat Anda telah mengintegrasikan akun Whatsapp Anda dengan Google. Dengan terintegrasinya Whatsapp dengan Google, otomatis Google akan menjadi database dari aplikasi ini. Fungsi file database Whatsapp ini kemudian yang akan menjadi backup.

Mengenal Lebih Dalam Fungsi File Database Whatsapp

Whatsapp secara general memiliki database yang berada di lokal maupun cloud. Database yang berada di lokal ini menjadi penghubung antara cloud dan juga aplikasi yang terinstall di HP Anda. Sifat dari database yang berada di HP Anda sebenarnya hanya bersifat temporary.

Selain itu, kapan saja  data dapat hilang. Akan tetapi, database yang berada di cloud itu tidak akan memberatkan HP Anda dan dapat digunakan kapan saja. Dengan adanya file database di HP Anda, Whatsapp dapat mengembalikan chat atau semua hal yang ada di Whatsapp Anda (chat, gambar, dan video) yang telah terhapus. Aksesnya dapat dengan cloud atau memodifikasi file yang ada di HP Anda.

Cara menggunakan database lokal HP Anda

1. Mencari file yang bernama ‘msgstore-2014-01-04.1.db.crypt’ dan ‘msgstore.db.crypt’ di bagian SD Card

2. WhatsApp > Database

3. Gantilah nama ‘msgstore-2014-01-04.1.db.crypt’

4. Buka kembali Setting > Applications > manage application > WhatsApp

5. Pilih Remove Data dan ketika membuka Whatsapp Anda, datanya akan kembali

Dengan mengoptimalkan fitur yang disediakan oleh Whatsapp, Anda dapat menikmati bermessanger tanpa harus kehilangan data. Fungsi file database whatsapp membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut,  sehingga data Anda akan aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *