Inilah Cara Membuat Link Aktif di Instagram Paling Cepat

Di berbagai toko online yang bertebaran dalam aplikasi Instagram, Anda pasti pernah melihat ada akun jualan yang menyertakan link aktif untuk proses penjualan agar bisa berjalan dengan lancar. Tentunya, sempat terpikir bagaimana cara membuat link aktif di Instagram, bukan?

Bukan hanya akun yang memiliki bisnis online, terkadang banyak akun yang selalu membagikan link aktif untuk bisa di jangkau oleh para pengguna IG tersebut. Di bawah ini Anda bisa mengetahui tahapan atau tutorial yang bisa dilakukan dalam pembuatan link aktif, yaitu sebagai berikut.

Tutorial Cara Membuat Link Aktif di Instagram Termudah

  • Tutorial Membuat Link Aktif di IG untuk Story

Bagi Anda yang ingin membuat link aktif pada bagian story atau cerita, Anda bisa menggunakan fitur swipe up untuk menghubungkan story dengan link atau url yang dimasukkan. Sehingga, ketika para penonton story menggeser layarnya ke atas, mereka akan langsung terhubung ke bagian url itu.

Tetapi, fitur swipe up hanya bisa digunakan ketika pengikut Anda sudah lebih dari 10 orang. Apabila kurang dari jumlah tersebut, fitur swipe up tidak bisa digunakan dan Anda harus menambahkan pengikut dengan minimal 10 orang tersebut.

  • Tutorial Membuat Link Aktif Di IG untuk Bio

Biasanya, pemilik akun Instagram yang menggunakan link di bagian bio-nya adalah mereka yang memiliki bisnis online. Hal ini ditujukan untuk mempermudah proses pemesanan, sehingga pelanggan bisa klik link yang ditautkan untuk melakukan proses order secara praktis.

Anda bisa menambahkan tautan link Whatsapp atau link situs web resmi tempat jualan Anda. semuanya tergantung kebutuhan dan proses order yang lebih cepat, sehingga memberikan kesan positif di mata para pelanggan.

Untuk memasukkan tautan link Whatsapp, sebelumnya Anda harus membuat link terlebih dahulu dengan menggunakan format link api Whatsapp. Anda tinggal menulis nomor kontak WA dengan awal pertama angka kode negara, yaitu +62. 

Jika sudah berhasil di buat, silakan copy terlebih dahulu, lalu masuk kembali ke aplikasi Instagram dan klik menu profil. Setelah itu, klik sunting profil dan mulai memasukkan link WA di bagian profil. Klik centang biru dan simpan, maka otomatis tautan link WA kontak Anda sudah ada disana.

Sedangkan untuk menambahkan link aktif situs atau website, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Caranya dengan klik sunting profil, lalu masukkan link aktif website pada kolom website. Jika sudah, silakan klik centang biru dan simpan.

  • Tutorial Membuat Link Aktif Pada Direct Messages atau DM

Tutorial menambahkan link aktif pada DM merupakan cara yang paling mudah bagi pengguna Instagram. Anda tidak memerlukan bantuan aplikasi lain, sehingga tinggal paste atau tulis langsung di bagian direct messages.

Cara lengkapnya, yaitu dengan masuk ke bagian DM terlebih dahulu, lalu Anda tulis atau paste saja link yang akan dikirimkan. Setelah itu, klik send atau kirim seperti biasanya dan link yang Anda tulis akan berubah menjadi warna biru.

Perubahan warna huruf tersebut membuktikan bahwa link yang Anda kirimkan berstatus aktif dan bisa di klik ke halaman yang ditujukan. Sebaliknya, jika warna linknya tidak berubah alias tetap hitam, itu berarti link tidak memiliki status aktif alias mati.

Itulah beberapa tahapan cara membuat link aktif di Instagram yang bisa Anda lakukan dan praktekan di aplikasi Instagram milik sendiri. Pastikan bahwa link yang dimasukkan berubah warna menjadi biru, sebagai penanda  bahwa link tersebut aktif dan bisa digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *