Fungsi Folder Database WhatsApp bagi Pebisnis

Ingin tahu apa saja fungsi folder database WhatsApp bagi para pelaku usaha? Whatsapp menjadi salah satu sarana untuk melakukan pemasaran via internet atau online. Biasanya kontak WhatsApp disertakan dalam setiap iklan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan.

Misalnya saja untuk menanyakan informasi terkait produk yang meliputi harga, kualitas, ataupun lokasi usaha. Strategi ini tentu akan memberikan peluang lebih besar untuk menarik calon pelanggan dan meningkatkan trafik penjualan.

Sehingga tak mengherankan jika digital marketing atau pemasaran via Whatsapp saat ini banyak digunakan oleh hampir semua pelaku usaha. Strategi ini akan memudahkan pebisnis dalam menawarkan atau mempromosikan informasi seputar produk dan jasanya.

Tetapi lebih dari itu, ternyata Whatsapp juga dijadikan sebagai cara untuk mendapatkan database dari pelanggan dan calon pelanggan. Hal ini berkaitan dengan kehadiran folder database sebagai fitur WhatsApp yang memiliki banyak fungsi.

Fungsi Folder Database WhatsApp

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan layanan database melalui WhatsApp mungkin akan sedikit bingung. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan fungsi dari folder database di aplikasi WhatsApp berikut ini!

1. Menyimpan dan mem-back up pesan Whatsapp yang sudah terhapus

Kontak Whatsapp yang digunakan untuk berbisnis biasanya akan sangat ramai dengan pesan yang masuk. Sehingga tak jarang, pemilik akun Whatsapp akan menghapus pesan setiap hari atau pesan pelanggan yang sudah menyelesaikan transaksi.

Namun demi kebutuhan database pelanggan, riwayat pesan tersebut masih bisa kembali dibuka. Caranya adalah dengan memanfaatkan folder database yang ada di aplikasi WhatsApp. Kehadiran folder ini akan memudahkan bisnis dalam merekam seluruh aktivitas pesan.

Misalnya saja ketika mengalami pengaduan dari pelanggan terkait kesalahan pengiriman ataupun biaya yang telah disepakati. Pebisnis bisa memberikan rekaman percakapan pesan terkait kesepakatan di awal.

2. Menyimpan dan mem-back up kontak Whatsapp

Salah satu fungsi dari database adalah untuk mengumpulkan pelanggan yang tertarik dengan produk atau jasa yang Anda berikan. Database tersebut bisa didapatkan melalui nomor calon pelanggan yang pernah menghubungi atau mengirimkan pesan via WhatsApp ke nomor Anda.

Setelah selesai melakukan komunikasi atau penawaran, biasanya pebisnis akan menghapus nomor pelanggan dari ponsel. Di sinilah fungsi penting dari folder database, yaitu untuk menyimpan nomor yang pernah masuk ke dalam WhatsApp Anda.

Selanjutnya Anda bisa memanfaatkan data tersebut untuk melakukan promosi pada pelanggan yang tertarik. Anda bisa mengirimi mereka pesan promosi, penawaran, informasi produk, ucapan, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk mengingatkan pelanggan dengan produk Anda.

3. Sebagai penyimpanan dan back up file media

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi dari folder database ini adalah untuk menyimpan dan membackup aktivitas di WhatsApp. Seperti halnya untuk penyimpanan riwayat telepon maupun kontak yang pernah berinteraksi.

Selain itu, folder database ini juga bisa digunakan untuk menyimpan file media yang dikirim ataupun diterima. Misalnya saja file dalam bentuk video, dokumen, gambar, audio, dan lain sebagainya. Terkadang file-file tersebut masih digunakan dan tidak sengaja terhapus.

Setelah membaca poin-poin di atas, tentu Anda sudah tahu bukan pentingnya fungsi folder database WhatsApp? Oleh karenanya, Anda tidak perlu khawatir lagi apabila riwayat penggunaan WhatsApp terhapus. Anda bisa memanfaatkan folder database tersebut untuk penyimpanan dan back up.

Maka dari itu, hindari untuk menghapus folder database WhatsApp yang ada dipenyimpanan ponsel. Terlebih bagi para pelaku usaha yang membutuhkan database pelanggan maupun calon pelanggan sebagai media pemasaran digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *