Fungsi Database Whatsapp yang Perlu Diketahui oleh Pengguna

Fungsi database WhatsApp sangat penting. Maka dari itu pengguna media sosial top ini harus mengenalnya serta tahu cara mengelolanya. Umumnya database ini berada dalam folder bernama file msgstore.db.crypt12.

Fungsi-fungsi  Database

Ada banyak fungsi database aplikasi WhatsApp. Berikut akan dijelaskan apa sajakah fungsi-fungsi tersebut. Ini dia ulasannya:

1. Untuk Menyimpan Data Chatting

Database WhatsApp yang berbentuk file msgstore.db.crypt12 berfungsi sebagai folder untuk menyimpan data chatting WA. Artinya semua aktifitas komunikasi yang dilakukan oleh pengguna masuk dan tersimpan di dalam file tersebut.

Sifat data yang tersimpan adalah permanen. Bahkan sekalipun sudah berganti perangkat data tidak hilang asalkan nomor yang digunakan untuk instal WA baru masih nomor yang sama.

2. Mempermudah Pencadangan Pesan WA

Dengan adanya database WhatsApp pencadangan pesan WA jauh lebih mudah. Hal arena pengguna tidak perlu melakukan pengaturan manual cukup ditentukan saja berapa durasi waktu yang akan dicadangkan.

Untuk saat ini database masih menerima sistem pencadangan mingguan, bulanan dan tahunan. Artinya jika masih di dalam durasi waktu tersebut data masih aman-aman saja sekalipun sudah terhapus dari WA.

3. Untuk Mengembalikan Data Chat yang Terhapus

Fungsi database WhatsApp yang ketiga adalah untuk mengembalikan data chat WA yang terhapus tanpa sengaja. Pengguna cukup mengakses file msgstore.db.crypt12 lalu instal ulang perangkat secepatnya.

Biasanya ketika aplikasi WhatsApp sudah terinstal dan diaktifkan data chat yang terhapus tersebut akan kembali lagi. Jadi pengguna tinggal membacanya. Ini merupakan fungsi database WA yang paling penting dan paling sering digunakan oleh pengguna.

4. Untuk Melakukan Sinkronisasi Antar Aplikasi

Tentu pengguna tidak selalu mempertahankan satu perangkat saja. Maka dari itu jika sudah memiliki ponsel baru tentu aplikasi yang ada di dalamnya juga baru termasuk aplikasi WhatsApp.

Dengan adanya database WhatsApp singkronisasi antar aplikasi WA tetap akan terjadi dengan otomatis. Hal yang penting ketika melakukan download software harus memasukkan nomor handphone yang lama.

Nah, jika nomor HP yang di-input adalah nomor lama tentu data WhatsApp yang lama juga akan muncul di aplikasi WA yang baru di unduh tadi. Jadi sekalipun ponsel-nya baru, tetapi data chatting di WA lama tidak akan hilang dan tetap muncul di sana.

5. Sebagai Alat Back Up Data Audio Visual WA

Fungsi database WhatsApp yang terakhir adalah sebagai alat back up data audio visual yang ada di dalam aplikasi WA. Dengan adanya fungsi ini tentu yang di-back up bukan data chatting saja. Tetapi juga data video, foto dan pesan suara juga tersimpan dengan baik.

Cara Menemukan Database WhatsApp

Database WhatsApp adalah tempat untuk menyimpan semua aktifitas pengguna di dalam aplikasi WA. Maka dari itu keberadaannya harus benar-benar diketahui supaya tidak kebingungan ketika terjadi masalah dengan aplikasi.

Nah untuk mencegah hal tersebut di bawah ini akan diberikan tutorial singkat tentang cara menemukan database WhatsApp. Silakan tiru caranya jika suatu saat ada data WA yang hilang. Ini dia caranya:

1. Buka smartphone android

2. Lalu klik aplikasi Manager File

3. Selanjutnya Klik Memori Internal

4. Klik Semua

5. Silakan ketikkan WhatsApp di kolom pencarian

6. Tap fitur WhatsApp

7. Silakan dipilih tool Databases

8. Cari file msgstore.db.crypt12

9. Selesai

Fungsi database WhatsApp adalah untuk menjaga data pengguna WA aman. Sehingga ketika membeli perangkat ponsel android yang baru atau melakukan update aplikasi WhatsApp terbaru data di aplikasi yang lama tidak hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *