Enskripsi Msgstore database WA adalah

Mungkin banyak sebagian dari kalian yang belum mengetahui, fungsi dari Msgstore yang banyak terdapat di folder internal aplikasi WA kalian. Apa sih kegunaannya dan kenapa begitu banyak? Jadi Msgstore database WA adalah file backup dari WhatsApp yang berisi semua file cadangan.

Semua file cadangan itu akan muncul setiap harinya secara otomatis ke dalam folder internal WA Anda. Kalau kita tidak menghapus sebagiannya akan mengakibatkan kinerja handphone jadi berat, karena terbebani dengan file-file cadangan yang memakan ruang penyimpanan di dalam Android.

Fungsi Msgstore database WA adalah

Sebenarnya msg database WA memiliki peranan penting dalam menjaga performa di aplikasi Wa Anda. Semua sudah disesuaikan oleh WhatApp untuk melindungi data-data Anda agar tidak hilang sepenuhnya, kalau sewaktu-waktu data originalnya terhapus dan Anda ingin mengembalikannya.

Maka, hal ini sangat penting untuk diketahui oleh siapa saja, termasuk Anda. Lalu data apa saja yang terbackup di database WA msgstore? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa uraian seperti yang ada di bawah ini.

1. Riwayat Serangkaian Chat

Dalam setiap chat di wa setiap hari yang Anda lakukan, entah bersama teman, keluarga, rekan kerja atau grup. Seringnya ada chat yang mungkin saja terhapus secara tidak sengaja, padahal chat tersebut penting. Jika jika belum satu minggu Anda bisa mencoba mencarinya di folder WA Anda.

Caranya dengan membuka folder internal di aplikasi WA Anda, atau bisa juga menyambungkan ke PC. Setelah tersambung buka folder WhatsApp >> buka folder database >> maka Anda akan menemukan sederet msgstore yang memuat riwayat serangkaian chat dalam seminggu ke belakang.

2. Video

Untuk sebuah riwayat pengiriman atau penerimaan video di aplikasi WhatsApp Anda, semua data tersebut akan disalin secara otomatis oleh pihak WA dan akan dicadangkan sebagai file msgstore. Jadi jika sewaktu-waktu video tersebut terhapus, Anda masih bisa menemukannnya kembali.

Sayangnya tidak semua video dapat dibackup oleh pihak WhasApp, ada beberapa video yang akan disinkronisasikan secara otomatis. Jika belum ada seminggu video yang terhapus masih bisa ditemukan, namun melebihi waktu itu video seringnya tak bisa ditemukan karena tertindih video baru.

3. Foto

Untuk file foto, pihak WA memiliki msgstore yang berbeda terkait pencadangannya. Ada yang memuat file foto yang sudah terkirim dan file foto yang dikirimkan. Jadi jika file foto Anda terhapus di folder penyimpanan utama Anda masih bisa menemukannya kembali di folder database msgstore.

Sebenarnya berkas file tersebut jika tidak dihapus akan mengakibatkan penumpukan file yang akan banyak memakan ruang penyimpanan di Android Anda. Jadi sebisanya untuk membuka folder database WhatsApp Anda, dan bersihkan yang tidak terpakai agar tidak banyak memakan ruang.

4. Dokumen

Sekarang tanpa email kita juga sudah bisa mengirim dokumen dengan aplikasi WhatsApp, dengan mudah dan praktis. File dokumen tersebut juga akan langsung terkirim dengan cepat sebagaimana kalau kita sedang mengirim foto atau pesan bergambar yang intensitas filenya tidak terlalu besar.

Namun, file dokumen yang kita kirim atau kita terima tidak langsung hilang begitu saja meski file tersebut sudah kita hapus. Kita akan menemukannya kembali pada folder database msgstore WhatsApp yang di enskripsikan sebagai pencadangan otomatis.

Itulah tadi beberapa contoh mengenai data yang terbackup otomati soleh WA. Jadi secara garis besar Msgstore database WA adalah pencadangan guna mengamankan file atau informasi dalam bentuk enskripsi yang tidak bisa dibuka tanpa bantuan aplikasi atau pengetahuan khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *