Cara Mendapatkan Database Pelanggan untuk Bisnis

Apakah Anda saat ini sedang mencari cara mendapatkan database pelanggan? Dalam sebuah bisnis, pelanggan merupakan aset yang penting dan menjadi kunci utama usaha bisa berkembang. Sehingga tak heran jika banyak pebisnis berusaha meningkatkan jumlah calon klien.

Ketika jumlah pelanggan semakin meningkat terhadap pembelian produk, tentu nilai keuntungan dan brand bisnis juga akan meningkat. Salah satu cara yang biasa digunakan adalah dengan meningkatkan database pelanggan.

Penggunaan database ini sangat efektif untuk promosi suatu produk agar lebih dikenal. Kehadiran database ini tidak hanya sekedar media promosi, tetapi memudahkan Anda menyasar pada pelanggan yang tertarget.

Cara mendapatkan Database Pelanggan

1. Kumpulkan data saat pameran

Pameran menjadi salah satu strategi bisnis untuk media pemasaran sekaligus mendapatkan data pelanggan. Kesempatan ini bisa menjadi peluang baik dengan cara meminta pelanggan untuk mengisi buku tamu.

Anda bisa meminta bantuan mereka, agar mengisikan nama ataupun data seperti nomor telepon dan email. Selanjutnya, Anda tinggal melakukan promosi atau penawaran pada nomor telepon atau email yang diberikan pelanggan.

2. Menggunakan website

Manfaat website di  sini adalah bisa dijadikan sarana pelanggan untuk mengisikan data dan identitasnya. Anda bisa mencantumkan formulir yang nantinya akan diisi pengunjung. Mereka yang membutuhkan informasi atau produk, biasanya akan tertarik untuk mengisi data diri di formulir tersebut.

3. Email

Email menjadi salah satu cara yang cukup penting untuk digunakan sebagai media pemasaran. Di dalam email ini tidak hanya berisi seputar penawaran dan informasi produk, tetapi juga database pelanggan. Setelahnya pilihlah data pelanggan yang dianggap tertarik dengan bisnis Anda.

4. Grup atau channel telegram

Cara untuk mendapatkan data pelanggan selanjutnya adalah melalui grup atau channel telegram. Untuk menarik minat calon pelanggan agar bergabung, Anda bisa berbagi informasi ebook atau kursus online gratis.

5. Grup WhatsApp

Penggunaan WhatsApp Group untuk mendapatkan database pelanggan hampir sama seperti grup atau channel pada telegram. Anda pun dapat memberikan tawaran menarik melalui ebook atau kursus online gratis.

6. Facebook personal

Pemasaran suatu produk melalui platform Facebook tentu sudah sering kita lihat muncul di beranda. Sasaran pemasaran ini tidak harus menargetkan orang yang Anda kenal, tetapi juga bisa menyasar pada orang yang tidak dikenal.

Pastikan ada mengunggah informasi atau produk dari bisnis Anda dengan kemasan yang menarik. Jangan lupa untuk mencantumkan kontak yang bisa dihubungi pelanggan. Berikan tawaran juga untuk mendapatkan pesan dan notifikasi terkait konten produk.

7. Facebook Ads

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur Facebook ads berbayar sebagai media pemasaran. Lewat fitur ini Anda bisa mengiklankan produk, namun jangan terlalu berharap untuk mendapatkan pelanggan secara cepat.

Apalagi tujuan Anda beriklan adalah untuk mendapatkan data yang lebih tersegmentasi. Data tersebut bisa Anda dapatkan melalui calon pelanggan yang menghubungi kontak bisnis, komen, pesan facebook, dan lain sebagainya.

8. Instagram

Platform Instagram dan juga turut berpartisipasi bagi para pebisnis untuk mendapatkan database pelanggan. Baik itu Instagram personal ataupun Instagram ads. Perhatikan calon pelanggan yang mengikuti, serta memberikan komentar dan like.

Cara mendapatkan database pelanggan sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu menggunakan sebuah platform atau mengikuti acara yang dihadiri banyak massa. Pastikan menyediakan informasi dan konten produk yang menarik supaya pelanggan lebih berminat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *