Cara Memulai Bisnis Kuliner Rumahan Online

Bagi ibu rumah tangga yang ingin memiliki bisnis sendiri, kini hal tersebut dapat dilakukan dengan cara online. Bisnis online seakan menjawab mimpi banyak orang, tidak hanya ibu rumah tangga saja. Tetapi tak sedikit orang yang mengalami kebingungan tentang cara memulai bisnis online di bidang kuliner. Untuk itu, simaklah langkah memulai bisnis kuliner rumahan online.

Dalam berbinis secara online, baik itu bisnis online rumahaan untuk jangka panjang dan pendek, tetap harus perduli bagaimana cara pemasarannya. Hal ini karena sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian calon pembeli yang lebih mudah. Misalnya saja bisnis kuliner untuk tahunan seperti hari raya idul fitri, pasti banyak yang memesan jajanan. Tetapi untuk jangka panjang juga demikian, butuh strategi khusus, untuk itu baca cara pemasaran di bawah ini:

Pemasaran Untuk Bisnis Kuliner Rumahan Online

1. Pilih jenis produk

Seperti saat akan memulai bisnis pada umumnya, Anda harus menentukan jenis produk untuk bisnis Anda. Meskipun Anda sudah memfokuskan diri untuk bergerak di bidang kuliner, Anda tetap harus memikirkan jenis makanan yang akan diproduksi. Apalagi makanan ada banyak jenisnya, seperti: makanan berat, makanan ringan, minuman kekinian hingga camilan.

2. Memberikan merk produk

Kalau Anda sudah menentukan jenis produk yang akan Anda buat, selanjutnya buatlah merk untuk produk Anda. Tujuannya tentu saja agar produk Anda mudah dikenal orang sekaligus memberikan perbedaan produk Anda dengan pesaing. Buatlah merk produk yang unik dan mudah diingat orang. Buatlah merk produk bisnis kuliner rumahan onlineAnda menjangkau banyak orang.

3. Mendesain kemasan

Setelah mendapatkan merk untuk produk, berikutnya Anda perlu memikirkan desain kemasan produk. Kemasan produk harus dipikirkan baik-baik karena kemasan adalah cerminan dari produk itu sendiri. Untuk menambah nilai jual, Anda harus menambahkan kemasan yang didesain. Selain itu, desain juga memudahkan orang-orang mengenali dan mengingat produk Anda.

4. Produksi kecil-kecilan

Seperti bisnis di bidang-bidang lain, alangkah baiknya Anda melakukan produksi dalam skala kecil terlebih dahulu. Apalagi makanan termasuk produk yang rentang mengalami perubahan wujud. Jangan memproduksi produk makanan dalam jumlah yang besar, karena ditakutkan akan basi. Buatlah estimasi produk dengan target penjualan secara tepat.

5. Pemasaran melalui sosial media

Setelah memproduksi, langkah selanjutnya dan yang paling penting adalah pemasaran. Anda dapat memanfaatkan strategi pemasaran secara online. Anda dapat memasarkannya ke teman-teman sosial media Anda terlebih dahulu, baru memasarkannya secara luas. Anda juga harus melakukan riset terlebih dahulu tentang cara efektif pemasaran secara online.

6. Membuat website

Langkah terakhir adalah membuat website jualan Anda. Dengan membuat website, pelanggan dapat melihat keseriusan Anda sebagai pebisnis dalam melayani mereka. Anda dapat mengonsultasikan perihal harga membuat dan maintaince website kepada ahlinya. Sekarang banyak orang yang dapat membuat website sehingga Anda tak perlu khawatir.

Langkah-langkah panjang di atas bisa ditempuh dengan cara perlahan namun pasti. Sehingga Anda tidak usah khawatir, harus dilakukan namun jangan menunggu semua langkah selesai. Karena akan menghabiskan waktu, dan bisnis Anda tidak akan berjalan-berjalan. Tips di atas adalah untuk mendapatkan calon pembeli dengan cara cepat dan tepat.

Setelah mengetahui cara memulai bisnis kuliner rumahan online di atas, sudah siapkah Anda memulai bisnis juga? Jangan lupa persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Jangan terburu-buru mengambil langkah. Memulai bisnis harus melalui beberapa persiapan agar fondasi bisnis Anda kokoh dan tidak mudah tergoyahkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *