Cara Membuka MsgStore di Android Anda

 

Msgstore adalah folder database yang berisi semua file cadangan pada aplikasi WhatsApp. Seringnya jika file cadangan tersebut menumpuk akan mengakibatkan kinerja handphone menurun dan menjadikan lemot. Lalu bagaimana cara membuka msgstore dan harus memakai aplikasi apa?

Mengetahui betapa pentingnya untuk mengetahui isi dari msgstore, agar semua menjadi jelas, apakah itu file penting atau malah file yang sudah tidak digunakan. Sebab msgstore sebenarnya lebih menyerupai sebuah bentuk kode tertentu yang tidak bisa langsung dibuka begitu saja.

Cara membuka msgstore dengan mudah

Sebenarnya untuk sekedar menemukan lokasi msgstore tidaklah sulit. Kita bisa langsung menemukan lokasinya dengan membuka folder penjelajah file pada handphone Anda. Namun ketika sudah menemukan msgstore untuk mengeceknya, file tersebut malah tidak bisa dibuka begitu saja.

Anda tidak perlu khawatir, dalam pertemuan kali ini akan kami bahas beberapa langkah mudah tentang cara membuka msgstore yang terenskripsi di Android Anda, agar file tersebut bisa untuk dideteksi dan dibaca. Apa saja itu, berikut adalah 3 cara membuka msgstore di WhatApp Anda.

1. Dengan Kunci Enskripsi

Untuk membuka msgstore pada database WhatsApp kita memerlukan akses fisik ke Android dengan menggunakan kunci enskripsi yang disediakan oleh WhatsApp yang terdapat pada akun kita sendiri. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi data kita dari orang-orang yang ingin meretasnya.

Sayangnya kita sering kesulitan untuk membuka guna mengetahui data kita sendiri, karena telah terformat dengan data yang menyerupai kode. Namun tidak perlu kuatir, Anda bisa mengetahuinya dengan masuk di menu pengaturan WhatsApp untuk mendapatkan kunci enskripsi tersebut.

2. Menghapus Konsonan Pada Huruf Belakang di File Msgstore

Anda bisa menggunakan cara kedua ini untuk membuka file msgstore pada WhatsApp. Langkah pertama adalah, dengan menuju ke folder whatsapp pada folder penjelajah file >> pilih folder telepon >> Lalu pilih folder WhatsApp >> Pilih folder database >> Di situ akan terdapat daftar file msgstore.

Tekan file msgstore dengan memilih format rename, setelah itu terdapat huruf yang paling belakang, yakni kata enc yang artinya enskripsi. Itu adalah format untuk melindungi data tersebut, dan tidak bisa dibuka tanpa alat khusus. Namun jika Anda menghapus huruf belakang, msgstore akan bisa terbaca.

3. Dengan Bantuan Aplikasi Omni Crypt

Langkah terakhir untuk membuka msgstore adalah, dengan bantuan aplikasi yang bernama Omni Crypt. Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu dan menginstalnya. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk memantau dan mengonversi file-file yang terenskripsi pada WhatsApp Anda.

Oni crypt dirancang untuk mengizinkan Anda untuk mendekripsi dan mengenskripsi berkas basis data WhatsApps, dalam artian bisa mencadangkan berkas dalam format crypt 6, crypt 7 dan crypt 8. Namun meski dapat mendekripsi, versi gratis ini tidak mengizinkan Anda menonaktifkan notifikasinya.

Adapun untuk mengoperasiannya cukup mudah, buka dan jalankan aplikasi omni crypt yang telah Anda instal. Pilih file msgstore atau data lainnya yang telah dienskripsi tadi, silakan copy dan paste dalam kolom, lalu klik oke. Maka aplikasi akan bekerja sendiri mendekripsinya untuk Anda.

Cara membuka msgStore sebenaranya dapat dilakukan dengan mudah, jika menggunakan cara-cara tadi.  Selain itu, penting mengetahui keberadaan msgstore di Android Anda untuk mengecek file-file mana yang kiranya sudah tidak diperlukan lalu menghapusnya. Agar kehadirannya tidak membuat kinerja handphone menjadi berat.

Demikian beberapa penjelasan mengenai msgstore untuk menyimpan whatsapp dan aplikasi yang lain semoga bermanfaat.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *