Cara Membuat Logo Bagus Dengan Coreldraw Bagi Pemula

Coreldraw merupakan sofware yang digunakan untuk mendesain dan edit foto, logo, poster atau gambar lain. Bagi kepentingan bisnis logo merupakan salah satu faktor yang penting untuk mendukung pemasaran suatu produk. Dalam artikel ini akan dibahas cara membuat logo bagus dengan  Coreldraw bagi pemula.

Tidaklah sulit dalam penggunaan Coreldraw pagi para pemula, asalkan Anda mengikuti langkah – langkah yang akan dijelaskan berikut maka Anda sudah dapat mendesain sebuah logo bagi kepntingn sebuh brand atau produk.

Cara Membuat Logo Bagus dengan CorelDraw

1. Langkah 1 : Install Software CorelDraw

Langkah pertama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah menginstal CorelDrawa pada komputer Anda. Anda dapat mengunduh softwarenya di website resmi CorelDraw. Pilih sesuai jenis Windows yang Anda gunakan di komputer Anda.

2. Langkah 2 : Membuat Dokumen Baru

Setelah selesai menginstal Software, Anda dapat menggunakannya dengan membuat dokumen baru terlebih dahulu. Caranya adalah Anda klik pilihan File kemudian New pilih pengaturan Default RGB dan pilih 300 untuk rendering intent kemudian klik OK

3. Langkah 3 : Menentukan Ukuran Halaman

Anda dapat menentukan ukuran halaman sesuai kebutuhan logo yang akan Anda desain. Bila Anda masih belum yakin dengan ukurannya, Anda tetap dapat mengganti ukuran halaman setelah Anda membuat desain logo tersebut.

4. Langkah 4 : Membuat Guidelines

Hal yang paling penting dalam membuat desain logo adalah Anda harus membuat garis pembantu atau guideline sehingga Anda dapat mengetahui titik tengah pada halaman logo tersebut.  Tentu hal ini akan memudahkan Anda.

Cara membuatnya adalah klik menu layout kemudian page layout pilih guidelines setelah itu klik pilihan show guidelines pada kolom display. Masukkan titik tengah halaman pada kolom Horizontal dan vertikal agar desain logo Anda nantinya presisi.

5. Langkah 5 : Memulai bentuk awal

Langkah selanjutnya adalah Anda harus memilih bentuk awal dari logo yang akan Anda desain. Anda dapat memilih bentuk logo bulat, kotak atau lainnya sesuai pilihan yang disediakan pada CorelDraw..

6. Langkah 6 : Tentukan posisi bentuk

Setelah menentukan bentuk logo, langkah selanjutnya adalah menentukan posisi bentuk sesuai desain yang Anda inginkan. Bila ingin memperoleh bentuk yang sama atau identik Anda dapat klik bentuk yang awal tadi kemudian tekan tombol Cntrl + C dengan ini Anda telah mencopy bentuk yang Anda inginkan.

Jika ingin membuat pola yang sama Anda dapat menggunakan tombol Cntrl + Shift + C.  Di sini Guideline yang sudah Anda buat akan membantu Anda dalam meletakkan berbagai bentuk dasar logo yang Anda desain.

7. Langkah 7 : Memberi warna logo

Agar logo Anda terlihat semakin hidup dan menarik, maka Anda dapat mewarnai pada bentuk desain logo Anda. Caranya adalah klik menu Interactive Fill Tool, kemudian arahkan cursor Anda pada bentuk yang akan diberi warna lalu klik fill color pada property bar. Di sana Anda dapat memilih berbagai macam warna sesuai yang Anda inginkan.

8. Langkah 8 : Menambahkan tulisan

Anda dapat menambahkan teks atau tulisan pada desain logo Anda, bisa nama perusahaan, brand produk atau yang lainnya. Caranya adalah llik Text tool atau tekan tombol F8 ada Toolbox di sebelah kiri, sesuaikan dengan pesanan logo yang akan Anda buat.

9. Langkah 9 : Membuat berbagai variasi

Membuat logo dengan menggunakan CorelDraw memungkinkan Anda untuk membuat desain logo dengan berbagai macam variasi, sehingga dapat dipilih oleh customer Anda sebagai alternatif pilihan bagi perusahaannya.

Langkah – langkah cara membuat logo bagus dengan CorelDraw di atas dapat Anda aplikasikan untuk mendesain sebuah logo, siapa tahu Anda bisa membuka peluang usaha untuk menjadi seorang design grafis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *