Cara Kerja Email Marketing yang Tidak Banyak Diketahui Pebisnis

Berjualan via email memang sangat menguntungkan. Ini terlihat dari cara kerja email marketing yang memang menjurus pada efisiensi dan efektifitas penjualan. Terutama untuk bisnis online atau virtual.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana email marketing bekerja, silakan disimak uraian di bawah ini. Penjelasan yang terkait dengan bagaimana cara kerja email marketing dan hubungannya dengan keuntungan usaha. Ini, ulasannya:

Cara Kerja Email Marketing Wajib Diketahui

Cara kerja dari email marketing cukup sederhana, yaitu pebisnis memasukkan review produk dan jasa ke dalam email lalu mengirimkannya kepada pelanggan yang terhubung dengan email tersebut.

Nantinya pihak pelanggan akan merespon informasi dalam bentuk penawaran harga hingga ketertarikan untuk membeli produk. Pihak pebisnis bisa langsung menjawabnya supaya terjadi transaksi secara real time.

Maka dari itu supaya email marketing berjalan maksimal pembeli maupun pebisnis harus mengaktifkan tool Follow Up masing-masing. Supaya ada notifikasi yang muncul jika sedang terjadi respon antara kedua belah pihak.

Tutorial Promosi Menggunakan Email Marketing

1. Membuat Akun Email

Tutorial yang pertama adalah silakan buat akun email terlebih dahulu. Pebisnis bisa menggunakan email umum seperti Gmail atau Yahoo, begitu juga dengan pembeli. Tetapi jika ingin cepat bisa langsung membuat akun email marketing secara khusus.

Jumlahnya cukup banyak dan yang populer adalah Benchmark, Reachmail, Mailchimp, Elite Email, Mad Mini dan masih banyak yang lainnya. Platform ini bisa didapatkan secara gratis dan sudah memiliki banyak pelanggan hingga jutaan orang.

2. Mulai Mem-posting Review Produk

Untuk langkah kedua adalah mulai mem-posting atau memasukkan review produk ke dalam email. Pastikan uraiannya detil dan lengkap termasuk jenis produk, harga, fungsi, manfaat serta bahan yang digunakan.

Jangan lupa buat juga kalimat persuasif yang membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk. Jika perlu tuliskan harga promo dan diskon jika pengguna masih pebisnis pemula.

Kalimat-kalimat ajakan sejatinya menjadi pembeda antara artikel biasa dengan review produk. Sehingga pelanggan tidak kebingungan apakah itu hanya sekadar informasi atau deskripsi produk untuk mencari pembeli.

3.Mengirimkan Review kepada Pelanggan

Jika review produk sudah selesai dibuat dan terpasang di email mulailah dikirimkan kepada pelanggan. Jika menggunakan akun umum pastinya pebisnis harus mengantongi email satu persatu dari costumer.

Maka dari itu jika ingin praktis pakai saja jasa email marketing gratis yang memang khusus bisnis. Karena nantinya review yang dikirim akan masuk secara otomatis pada orang yang sudah terhubung dengan email tersebut.

Jangan khawatir jumlah akun-nya juga banyak sehingga peluang produk laku masih  cukup besar. Bahkan ada beberapa platform marketing email yang memiliki subscriber hingga 1.000.000 orang.

4. Menunggu Respon Pembeli dan Membalasnya

Tutorial berikutnya ialah pebisnis tinggal menunggu respon dari pelanggan. Jika ada yang berminat biasanya akan muncul notifikasi di Kotak Masuk. Silakan dibuka untuk membalas agar transaksi terus berjalan.

Pastikan pebisnis bisa merespon pelanggan dengan cepat. Karena jika mereka menunggu terlalu lama bisa segera meninggalkan email. Tentu ini bisa menjadi tren buruk bagi pebisnis karena tidak lagi dipercaya oleh calon pelanggannya.

5. Mencatat Transaksi Jual Beli

Langkah yang terakhir adalah mencatat transaksi jual beli. Namun, jika menggunakan platform email marketing khusus biasanya kalkulasi tersebut sudah tercatat secara digital. Pebisnis tinggal membukanya saja pada fitur yang sudah disediakan.

Jika dilihat dari cara kerja email marketing di atas beserta tutorial-nya, memang layak kalau platform ini dianggap teknik pemasaran yang modern. Tak hanya itu, teknik juga menguntungkan karena jangkauan pangsa pasar-nya jauh lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *