Bisnis Online Adalah Bisnis yang Seperti Apa?

Di era digital seperti ini, rasa-rasanya tidak ada orang yang tak mengenal bisnis online. Alih-alih semua orang tahu, ada beberapa orang yang masih bingung dengan pengertian bisnis ini. Sebenarnya, pengertian bisnis online adalah bisnis yang memanfaatkan media daring sebagai sarana untuk memasarkan produk.

Media daring adalah media yang paling potensial untuk dijadikan tempat promosi hingga mem-branding produk yang dimiliki. Selain untuk promosi, media daring juga dimanfaatkan untuk tempat transaksi oleh para pelaku bisnis online. Hampir seluruh kegiatan bisnis dilakukan secara online, kecuali kegiatan produksi yang memerlukan ruang.

Jika pada bisnis konvensional Anda harus menyediakan toko sebagai bukti eksistensi, maka bagi pelaku bisnis online tidak demikian. Bisnis online sangat direkomendasikan untuk para pemula karena hanya perlu menyediakan tempat produksi saja. Anda hanya perlu menyiapkan media online yang akan digunakan untuk berbisnis. Berikut ini contohnya.

Media Bisnis Online Adalah Media Daring

Media bisnis online memanglah ada banyak. Baik dari media sosial seperti fb, IG, ataupun whatsap, yang bisa dengan mudah berinteraksi dengan seseorang yang bisa juga disebut calon pelanggan. Ataupun bisa juga sudah menjadi pelanggan setia. Selain media sosial, semacam website juga bisa dijadikan pemasaran untuk bisnis online. Maka dari itu, silahkan melihat media online apa saja yang bisa Anda praktikkan:

1. Sosial media

Media daring pertama yang bisa Anda gunakan untuk berbisnis adalah sosial media. Apalagi sekarang hampir semua orang memainkan media ini. Memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk Anda dapat dikatakan sebagai cara yang tepat dan efektif. Pasalnya di media sosial orang akan saling mengenal dan berkomunikasi.

Dengan menggunakan media sosial, Anda dapat berkomunikasi hingga bertransaksi dengan calon pelanggan. Anda juga bisa mulai membangun citra produk dan citra diri Anda sebagai pebisnis yang ramah. Yuk, manfaatkan sosial media untuk berbisnis.

2. Website

Memiliki website membuat produk Anda semakin diminati. Selain meningkatkan profesionalitas, website juga dapat mencerminkan keseriusan Anda dalam melayani pelanggan. Melalui website, Anda dapat lebih memperhatikan pelanggan Anda dengan memberikan promosi-promosi. Anda juga dapat memanjakan pelanggan dengan kemudahan cara berbelanja.

Di dalam website biasanya pelaku bisnis memanjakan pelanggannya dengan menyediakan beberapa fitur. Fitur-fitur tersebut diantaranya: fitur tambahkan keranjang, cek ongkos kirim, hingga track keberadaan pesanan pelanggan. Sangat memudahkan pelanggan, bukan?

3. Marketplace

Tak dapat dipungkir imembuka bisnis online pun tetap membutuhkan dana. Dana ini digunakan untuk promosi yang seluruhnya dilakukan secara daring. Biaya mengelola website dan akun sosial media juga tak bisa disebut murah. Untukitu, ada alternatif lain untuk Anda yang belum memiliki dana besar tetapi ingin segera memula ibisnis online.

Daftarkanlah diri dan produk Anda ke pasar online atau yang lebih sering dikenal dengan marketplace. Dengan mendaftarkan diri ke marketplace produk Anda tetap bisa dipasarkan secara online meskipun tidak memiliki website sendiri. Produk Anda juga berpeluang dilihat banyak orang. Hanya saja di marketplace Anda harus bersaing dengan banyak penjual.

Menjadi seorang pebisnis memang tidak boleh mudah menyerah. Baik karena pesaingnya banyak, atau karena tidak punya akses untuk berbisnis. Namun hal itu masih bisa diupayakan, maksimalkan bisnis Anda dengan media online.

Setelah mengetahui media bisnis online adalah media online, sudahkah Anda memikirkan media mana yang akan Anda gunakan untuk bisnis Anda? Pelajari dulu tentang media yang akan Anda pilih lalu tentukan strategi bisnisnya. Mulailah bisnis online Anda dengan persiapan yang matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *