5 Tips Mendapatkan Logo Online Untuk Bisnis Secara Gratis

Ingin mendapatkan logo untuk bisnis yang sesuai keinginan secara online? Atau ingin membuat sendiri brand logo unik untuk bisnis ? 

Jangan khawatir, ternyata caranya amat mudah dan gampang kita pelajari.

Logo merupakan salah satu identitas dari brand yang kita punya. Bukan  hanya gambar biasa tapi harus mempunyai ciri khas, ikonik, serta selalu membekas diingatan bagi yang melihat logo yang kita punya.

Logo tak harus rumit tapi kesederhanaan dan konsep serta makna yang ada didalam warna dan bentuk menjadi tuntutan utama. Karena logo dapat membuat brand kita diingat dan membantu konsumen untuk mengerti apa yang kita tawarkan dan tidak lupa untuk fungsi pemasaran.

Elemen Yang Harus Diperhatikan Dalam Desain Logo

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam melakukan desain logo antara lain :

  1. Pemilihan Warna : warna menentukan karakter dari bisnis kita. Apa yang harus ditonjolkan oleh brand kita? Warna yang tepat akan membuat identitas dari bisnis kita. Setiap warna memiliki makna tersendiri dan spirit dari bisnis kita.
  2. Jenis Font : pilihlah font yang jelas dan mudah dibaca serta mempunyai ciri khas dari brand kita. Bisa kita ambil contoh di logo Instagram, logo hanya menampilkan tulisan dengan font yang ikonik.
  3. Bentuk Ikon : pilihlah ikon yang mencerminkan brand dan jenis bisnis yang kita punya. Bisa kita melihat competitor sebagai pembanding
  4. Komposisi : hal ini perlu diperhatikan komponen logo yang mudah dimengerti dan tidak terlalu ramai serta simple tapi sat hal yang tidak boleh ditinggalkan yaitu keseimbangannya.
  5. Versi Desain Logo : kita bisa menyiapkan beberapa versi logo dengan desain, bentuk serta font yang sama tapi perbedaanya adalah pada permainan layout dan warna.
  6. Teks : usahakan penyisipan teks bisa slogan, tagline, no telpon atau akun medsos kita jika memang ada space dan bisa kita masukan.
  7. Fungsi : kita perlu tahu dalam pemakaiannya logo ini akan dipergunakan dimana? Apakah di kemasan  atau di tempat usaha atau di seragam yang akan dipakai. Itu harus diperhatikan secara seksama karena jika logo tidak tepat secara fungsinya maka tidak akan efektif pemanfaatannya

 

Tips Mendapatkan Logo Online Gratis Untuk Bisnis

Saat ini sudah banyak aplikasi online yang bisa digunakan oleh kita untuk berkreasi dalam pembuatan logo khususnya untuk bisnis yang akan atau sedang kita jalani. Ada yang gratis adapula yang berbayar.

Untuk lebih jelasnya mari Frens, kita coba ulas tips mendapatkan logo online secara gratis. 

Sudah siap, check this out….

Canva adalah aplikasi online yang mempunyai ribuan template logo, postingan sosmed, poster dan berbagai jenis desain yang lain.

Untuk menggunakan Canva kita harus membuat akun terlebih dahulu. Canva sendiri memiliki 2 versi, versi gratis dan versi berbayar. 

Dalam versi gratis kita akan mengalami banyak pembatasan dari desain, pemilihan font dan bentuk ikon atau shape. Untuk lebih mendapat hasil yang maksimal kita dapat beralih ke akun berbayar.

Canva versi pro bisa kita dapatkan secara gratis dengan menggunakan fitur free trialnya selama 7 hari. Jadi cukuplah bagi kita untuk belajar membuat desain logo bagi bisnis kita.

 

Setelah login kedalam aplikasi kita dapat memilih jenis desain logo. 

Pilihlah salah satu dari ratusan template logo yang disediakan. Kemudian edit logo sesuai keinginan dan kreativitas kita.

Untuk desain yang kita buat secara otomatis tersimpan dan  dapat kita buka lagi dengan mengklik All My Design, maka semua desain yang kita buat tersimpan disana.

Untuk hasil desain logo kita dapat kita download ke dalam format jpg, png dan pdf.

 

Zyro Logo maker merupakan salah satu aplikasi online terbaik untuk membuat logo. Penggunaanya sangat mudah sekali. Untuk membuat logo yang punya ciri khas akan lebih mudah kita dapatkan  dengan aplikasi ini.

Untuk penggunaannya kita hanya menekan button Create Your Logo  untuk masuk ke template. Pengaturan dalam aplikasi ini tidak rumit dan mempunyai banyak ikon yang bisa kita pakai.

Fleksibilitas menjad keunggulan aplikasi web based ini, dengan hanya mengetikan jenis bentuk atau image yang kita perlukan. Untuk pengaturan Layout juga amat mudah dengan hanya mengetikan kata Layout.

Kita dapat menggunakan imaginasi kita dengan mencoba dan mengaplikasikan ukuran, bentuk, warna serta font yang tersedia menjadi logo yang kita impikan. Setelah jadi, logo dapat kita unduh dalam bentuk file PNG.

 

  • Graphicsprings

Graphic Springs merupakan salah satu logo generator yang penulis rekomendasikan. Graphic Springs mempunyai pilihan template yang beragam dan bisa langsung kita pilih.

Semua template dalam Graphic Springs dikategorikan ke dalam beberapa kelompok jenis gambar. Mulai dari bentuk yang familiar kita lihat sampai bentuk yang tidak populer.

Hindari pemakaian bentuk yang familiar atau populer, kecuali kita secara kreatif dapat mengeditnya.

Anda dapat memilih penggunaan semua bentuk atau simbol yang tersedia. Anda juga  bisa memakai desain template yang tersedia dengan penambahan ide dan sentuhan kreatif yang anda miliki untuk membuatnya ikonik.

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, tapi untuk mengunduhnya dalam format PNG, SVG, JPG akan dikenakan biaya $19. Biaya ini dikenakan diawal saja, jika dikemudian hari kita mengunduhnya kembali tidak perlu mengeluarkan biaya kembali.

  

  • Visme

Visme adalah aplikasi logo maker yang memiliki sejumlah tempate yang bisa kita kustomisasi secara kreatif.

Kelebihan aplikasi inia adalah memiliki fitur autosave sehingga memberikan keamanan dalam pembuatan logo. Dan histori dalam pembuatan logo tersimpan, dari menampilkan layer dan element yang kita pergunakan dalam proses pembuatan.

Editing dengan aplikasi ini sangat mudah, seperti perubahan font, warna atau font serta lainnya.

Pendaftaran aplikasi ini gratis, tapi dalam penggunaan fitur dan template versi premium kita perlu merubah ke paket berbayar. Dari paket Basic kita dapat upgrade ke paket Standard atau Complete sesuai kebutuhan dan ketersediaan dana. Tapi sebenarnya, untuk paket Basic sendiri kita sudah bisa membuat logo yang kita inginkan.

Setelah membuat logo kita dapat mengklik danlangsung melihat pratinjau, melakukan download atau membagikannya.

Untuk download, kita bisa mengaturnya  ke jenis format gambar JPEG, PNG atau PDF.

 

  • Online Logo Maker

Jika kita tadi sudah membahas Graphic Springs, maka Online Logo Maker ini memiliki kemiripan interface.

Dalam aplikasi ini sudah menyediakan berbagai template , simbol dan ratusan gambar dengan kategori. Tapi jika kita memiliki gambar sendiri, kita dapat menguploadnya.

Untuk Online Logo Maker sendiri adalah gratis tapi ada juga versi prmiumnya, semua desain yang kita buat akan tersimpan di aplikasi dan dapat kita edit sewaktu waktu jika dibutuhkan. Untuk desain dapat kita download berulang-ulang.

Untuk versi premiumnya mempunyai salah satu kelebihan yaitu dapat mengunduh dalam format SVG dan mempunyai kulaitas gabar yang lebih baik dari versi free sehingga bisa kita pakai dalam berbagai ukuran media untuk pencetakan

Dengan adanya akun gratis di Online Logo Maker, Anda bisa simpan desai Anda yang sudah dibuat dan pakai lagi secara gratis di waktu berikutnya. Tenang saja, tidak seperti Graphic Springs, untuk mengunduh berapa kalipun gratis. Anda bisa sesuaikan lagi desain logo Anda kapanpun Anda butuhkan atau mau.

Untuk versi premium mempunyai harga yang  tidak terlalu mahal, anda bisa cek pada websitenya.

 

Tips Ekstra, Pergunakan Jenis File SVG

Setelah logo jadi biasanya bentuknya adalah JPG atau PNG, itu tidaklah salah dan dilarang. Tapi untuk jenis file output, penulis lebih merekomendasikan agar bentuknya SVG. 

Mengapa bentuknya dalam SVG? Hal ini dikarenakan untuk mempermudah  proses resize. 

Mau diperkecil atau diperbesar, logo dengan format SVG tidak akan pecah seperti vector dan tidak mempunyai pixel. Ini berguna sekali dalam melakukan pencetakan logo di berbagai jenis ukuran media.

Jika file yang kita buat bentuknya png atau jpg kita dapat merubahnya secara online di web https://picsvg.com. Tinggal diupload file ke web dan convert ke dalam bentuk SVG.

 Itulah tips-tips dalam mendapatkan sebuah logo secara online untuk bisnis kita. Tidak ada yang tidak mungkin, karena sekarang logo yang kita inginkan tanpa mengeluarkan budget sangat dimungkinkan.

Apakah anda akan membuat logo sendiri setelah membaca artikel ini? Tulis komentarnya dibawah ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *